Thursday, August 5, 2010

An old note on dress code

Beberapa Sekian lama minggu yang lalu pas World Cup baru mulai saya terlibat satu pembicaraan dengan temen saya. Deket-deket itu seorang temen bakal nikah di gereja. Temen saya ini katanya ga pernah dateng ke acara nikahan seseorang (I hope you know what's the difference between "nikah" and "kawin" so I use the word "nikahan" instead of the popular “kawinan”) dan dia agak bingung tentang baju yang bakal dia pake di acara tersebut.

Saya: Besok lo pake baju apa? Jas? Kemeja? Batik?
Dia: Hah? Rapi amat? Polo shirt aja ga boleh? Gua udah nyetrika polo gua sih.
Saya: Serius mo pake polo? *saya juga mau kalo boleh cm mami papi saya juga bilang ga boleh jadi saya kira kalo ke nikahan ga boleh pake polo*
Dia: Harus pake jas gitu meh? Rapi amat?
Saya: Hmm ga tau sih.. Biasanya gitu. *one of the media to learn how to do something is society rite??*
Dia: Ya ampun.. Dateng orang nikah aja rapi bener.. Kok kayaknya gue kurang menghargai Tuhan sih.. Mana pernah dateng gereja pake jas rapi gitu..

Haha. Mau ga mau otak saya yang kompleks dan absurd ini langsung ngajak mikir.

Bener juga ya? Kalo mau dateng nikahan, biasanya orang (berdasarkan data statistik dengan sample temen2x saya yg kmrn diundang) langsung dandan. Pake baju bagus, sepatu/sendal bagus, bikin kombinasi aksesoris-baju-sepatu biar match.. Kalo ga ada, beli! Sebelum nikahan setrika bajunya dulu, pake make-up, rapihin rambut.. A bit exaggerating.. no?

Bandingin kalo mau ke gereja. Mungkin sblm ke gereja setrika baju-pake make-up-rapihin rambut dulu. Pake baju bagus, yah mungkin beda sama kalo jalan-jalan ke Lecture Theater (alias dateng kelas) atau maen ke kamar temen. Tapi apa effortnya segede kalo kita mau ke nikahan?

Terus, kalo ga punya baju bagus buat ke gereja atau rambut lagi berantakan, apakah kita mau beli baju baru only for the sake of pergi ke gereja atau ke salon ngerapihin rambut untuk menghadap Tuhan aja?

Some other question that popped up in my mind is that.. Kenapa kita pake baju bagus kalo ke luar, including ke gereja? Buat Tuhan karena kita pengen menghargai Dia, atau biar tante-tante/cewek-cewek gosip di gereja ga ngomongin kita? Atau lagi-lagi society rules. Kalo ke luar rumah ya dandan lah yang baik. Toh kalo abis gereja bisa langsung cabut ke City =P

Berani gak sih kita, ke nikahan dengan jenis pakaian yg sama dgn kalo kita dateng ke gereja? As in, kalo anak NTU, biasanya sih kaos/kemeja dan celana jeans.

Saya sih…. kalo pada begitu saya ikut =P (society, again)
Toh intinya kita ikut berbahagia dengan pasangan yang menikah itu =P *semoga tdk terkesan terlalu kompromi*

Minggu lalu di gereja saya dikhotbahkan tentang peran jemaat di gereja. Salah satunya tentang poin ini.
Menurut pendeta saya (yang saya yakin diilhamkan oleh Tuhan) apa yang kita pakai, apa yang kita perbuat, apa yang kita bicarakan itu mencerminkan siapa kita. Itu bagian dari identitas kita. Dalam hubungannya dengan orang lain, itu juga melambangkan bagaimana kita mengapresiasi sekitar kita, how we treat people and thing around us.

Sama hal nya sama ke gereja. Our attire and attitude show who is God in our mind. Kita bisa terlihat menghargai atau tidak menghargai Tuhan dari apa yang kita pakai dan kita lakukan, termasuk di gereja.

Tapi masa’ kalo ke gereja harus pake dress, high heels, dandan habis dll kayak ke kawinan? Ke gereja kan buat Tuhan yang penting isi hatinya?

Ya tapi kalo ga rapi tetep aja ga keliatan menghargai toh? As in, you don’t give any effort when you are going to meet your Master, even though He’s your Father. Misalnya ke gereja pake tank top atau kaos jelek buat pergi ke warung, shorts dan sendal jepit. Yah, menurut lo? =P

Jadi…
buat saya, ke gereja ga harus pake baju yang super bagus, asal rapi, sopan dan appropriate buat ke gereja. Ya, sama kayak ke lab, mau pake baju bagus tapi ga appropriate (misalnya pake shorts dan sandal ke lab dgn status murid, bukan profesor) sama aja bakal diusir. Ga perlu shopping tiap kali mau gereja kayak mo dateng kawinan, tapi jangan yg gothic berantai-rantai kayak band gothic mau manggung di Japanese fest =P

Dan tentang tante-tante yang ke gereja dandan habis atau cewek-cewek yang suka gosip bahkan di gereja…
Ah, bodo amat. Church is still a place to praise God afterall.

1 comment:

Unknown said...

Emang ada ya, tante2 yang ngegosipin cara kita berpakaian di gereja? :P