Thursday, February 26, 2009

Test vs Reality

Ada yg tau Holland's Theory? huehue. Gw juga tau brapa hari ini sih. Pertama kali gw tau ada RIASEC hexagon dari sebuah self-test gitu di internet soal future job *cieee* trus tadi siang baru aja dikasih lecture notes ttg ini dari temen gw.

Hmm.. buat yang gak tau.. jadi Holland itu adalah psychologist yang mengklasifikasikan pekerjaan2x menjadi 6 yang disingkat RIASEC, yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterpreneur, dan Conservative.
Basically definisi kerjaan2x nya tuh gini :
Realistic : engineers, technician, intinya yang outdoor2x gitu.
Investigative : scientists, computer engineers, medical
Artistic : *ada pnjelasan yg lbh bagus?* yah seniman2x lah..
Social : nurse, perawat2x orang, social workers gitu dah.
Enterpreneur : businessmen, finance, managers, broker, broadcasting, advertisement.
Conservative : clerical jobs.. kyk accountant, administrative, finance planner.

test yg gw temukan di internet itu isinya adalah, kita dikasih sekitar 150 pekerjaan gitu. Dan kita harus klasifikasikan semua kerjaan itu ke dlm 3 kategori : (kalo gak salah) interested, undecided, not interested.

Dan gw mengerjakannya... Lalu mendapat hasil....
INVESTIGATIVE
dan pekerjaan pertama yang ada di list nya adalah..
CHEMIST

jreng jreng jreng jreeeengggg... gubraaaakzzzz....

huahuahuhaa
*senyum.. senyum*
*melayang*
*tuing tuinggg*

lalu gw mengalihkan pandangan gw dari depan laptop ke barang yang ada di depan laptop... dan sukses terlihat sebuah...

TEXTBOOK BIOCHEMISTRY
yang sudah dibaca selama seharian tapi gak masuk-masuk.

AARRRGGHHHH!!!!!!
gue benci biocheeeemmmm!! pelajaran apa seh iniii!
isinya DNA semua gitu. waktu SMA biologi sih ngerti (ini adalah satu dari beberapa bab yg gw ngerti), tapi kok sekarang jadi ga ngerti gitu ya?
*jadi ini salah gurunya apa salah gw?*

chemist tapi gak bisa biochem
huahuahuahua
bodo ahhhh ;p
kimia masih banyaakk.. masih ada organik. masih ada inorganic. masih ada physical. why rely on biochem? *tertawa gembira*

jadi inget, pas SMA juga pernah ada test macem gini.. isinya adalah relationship antara personality ama kerjaan yg cocok gitu.
dan hasil gw adalah... SCIENTIST
kalo gak salah pula, sekelas gw cuma gw sndiri yang dapet itu. *gubrak*

aniway.. di lecture notes selanjutnya itu dibahas ttg relationship/compatibility antar sifat2x itu.. dan katanya orang investigative itu paling cocok ama realistic dan artistic.

let's see..
realistic --> engineers. ya. kalo gak masuk kimia dulu ya paling masuknya food tech yg industrial gitu atau chemical engineering. cocok.

artistic --> nah ini rada gawat.
data yg gw dapatkan mengenai portfolio2x yg gw dapatkan selama jadi panitia adalah as follows:


  • Gereja dulu di Komisi Remaja --> 2 periode (kira2x 5 tahunan gitu) MADING & PUBLIKASI
  • SMA --> pas acara tahunan jadi dekor
  • ECA di NTU --> Publication
  • ISCF --> Media Desain dan Informasi
  • International Games --> Programmer
  • Get Together Day 11 --> Publication Publicity and IT

yeah... sukses, 5 dari 6 portfolio gw adalah PUBLIKASI atau DEKOR.
kurang artistik apa gw? huahuhauuahua

ini kata temen gw yang lain kemaren,
"mungkin lo emang jodoh sama kamera"

huehuheuheue

well yah.. untuk menyamakan antara hasil tes dengan realitas.. maka dari itu.. marilah saya berusaha sekuat tenaga untuk mencapainya..
sesuai dengan resolusi terakhir gw :
"do better in my 7 out of 8 steps towards a bachelor degree"

4 comments:

Herry -- HgS said...

Santai aja cell. Scientist jg ga sampe ngerti segala bidang ilmu kok. :-)

Unknown said...

Perasaan Biochem pak Li cuman konsep2 doang kan? Kamu bisa coba tanya ama anak SBS mungkin...?

Haibara Kaoru Marcella said...

huehehehe, thanks commentsnya teman2..

HgS : stuju2x euy.. huehuheue.. tp masalahnya ini related.. hihihihi..

ko jefri : ya sih. mgkn basically ngerti. tp bgitu di akhir lecture kan smua orang nanya ke prof Li gt dan klo aku nimbrung ksana tuh jadi berasa bnyk yg aku ga tau gt.. mgkn gt ya..

Anonymous said...

oh girl you wrote your HP802 on your blog...rajin bener ye...gw sih bolos mulu...hahaha. eniwei gw link blog lo ya