Thursday, July 22, 2010

If I were to choose..

Kalo ada beberapa hal yang bikin saya iri sama temen2x Indo yg dari JC (Junior College) di Singapore (i.e. dapet scholarship stlh lulus SMP buat masuk sec 3 di Singapore) dan temen2x Singaporean, salah satunya adalah karena mereka bisa milih pelajaran apa yang mereka mau pelajari di sekolah (kalo ga salah nangkep). Cuma kalo di JC ada batasannya, harus ada 1 contrasting subject dari 4 subjects yang diambil.

Waktu ngobrol ama lab mate, dia sempet rada kaget karena SMA di Indo musti ambil 10 lebih subjects sedangkan dia cuma 4 =P Bingung juga kali ya, gmn cara ngatur waktu belajarnya? Efeknya lebih ke payback nya sih, di JC kayaknya lebih dalem gitu belajarnya kata temen saya yang lain *maths A-level susaaaaahhh!* dan lagian di Indo kan ada pelajaran wajib kayak bahasa Indonesia, PPKn, matematika, dan di beberapa sekolah Bahasa Inggris dan agama.
Dengan kewajiban 10 lebih pelajaran itu, saya sih dulu punya pelajaran super ga favorit. Olahraga, for example =P *standard* Saya yakin juga kalo anak2x Indo yang lain punya pelajaran yang ga disukai. Even anak IPA pun banyak yang ga suka fisika atau kimia.

Jadi.. Dari SMA saya kadang suka bayangin aja kalo saya boleh milih pelajaran yang mau diambil, kira2x list nya bakal kayak apa ^^

Pelajaran yang dulu diwajibkan buat anak jurusan IPA seperti saya adalah:
super wajib:
  • agama
  • PPKn
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
jurusan:
  • matematika IPA
  • fisika
  • kimia
  • biologi
tambahan:
  • sejarah
  • bahasa asing 1 lagi
  • olahraga
  • menggambar teknik *ini pelajaran yg paling susah kayaknya selama SMA.. haha*
  • komputer
Oke, dengan jumlah load yang sama, paling yang bisa saya utak-atik cuma yang tambahan (jurusan ga boleh *dan saya juga ga mau buang salah satunya*, wajib apalagi *padahal saya mau buang 1 atau 2 kalo bisa.. haha!*).

Daftar seluruh pelajaran "tambahan" dan "jurusan lain" yang ada di SMA saya waktu itu adalah:
  • geografi
  • ekonomi
  • sejarah
  • sosiologi
  • antropologi
  • seni musik
  • desain
  • menggambar teknik
  • bahasa Perancis
  • bahasa Jerman
  • sastra Indonesia
  • olahraga
  • komputer

Dan kalau dari daftar itu saya harus milih 5 "tambahan" yang bakal saya pilih adalah..
  • komputer
  • bahasa Jerman
  • sosiologi
  • geografi
  • bahasa Perancis

Masa SMA itu harus dinikmati, bukan? =P
Oh sekarang di SMA itu ada bahasa Jepang.. duh kalo ada tentu saja saya bakal buang Perancisnya ganti Jepang. Terus dulu sempet ada sesi laboratorium (yang akhirnya dihapuskan dan *katanya* diintegrasikan dengan pelajaran sampe guru2x IPA bikin aksi mogok dan taunya ga jalan), yah kalo itu ada lagi buang sosiologi atau geografi lah *blm bisa memutuskan gara2x batal ambil prescribed elective sociology di NTU*, mending nge-lab.

Di Singapore ada yang namanya pelajaran H3, jadi pelajaran yang setara dengan pelajaran tahun pertama universitas gitu. Yang bisa ambil cuma yang result nya bagus. Kalo itu ada di Indo dan diberlakukan buat 10 besar se-angkatan (which is saya masih lolos =P) mending saya ambil kimia atau matematika setara H3.. ^^

Tapi sayangnya, ini semua cuma impian yang tidak pernah tercapai.

2 comments:

Unknown said...

Dulu di SMA kita ikut lomba, sekarang jarang :(
Padahal universitas2 di Indonesia masih ada lomba untuk mahasiswa >.<

Achelle said...

mksdnya akademik? ah temen kita juga ada tuh yg diundang ke olimpiade di luar negeri. ahahaha. kita kurang pinter dan kurang hoki aja kali :P