Saturday, December 13, 2008

F-I-S-I-K-A

Ini kumpulan cerita tentang satu pelajaran yang (dengan berat hati) masih harus saya jalani walaupun saya masuk jurusan kimia.. Pelajaran yang sempet saya suka waktu SMP (soalnya gampang. drpd biologi yang afalan smua itu), saya benci waktu SMA (soalnya satu buku isinya integraaallll semuaaaa... trus saya ngga' ngerti apa2x wakakak), dan menjadi geje waktu jadi mata kuliah (soalnya ngulang SMA. untungnya ngga' pake integral)

Waktu SMA kelas XI, gw punya guru fisika yang katanya sih horror banget. Dan hal ini kadang-kadang terbukti.

Di awal gw kelas XI, tiba2x "suster" kepala sekolah gw menghapus pelajaran praktikum IPA. Jelas lah guru2x fisika, kimia, biologi gw marah. Trus mereka memboikot pelajaran praktikum terakhir dengan nyuruh anak2x XI IPA baca buku di perpus.


YEEAHHHH!!!

Btw, perpustakaan SMA gw terkenal serem. Konon katanya banyak banget setan penghuni SMA gw ada disitu. Katanya sih ada hantu cewek pake seragam tarq dan suka ada disitu ga tau ngapain. gw lupa itu hantu yang baca buku, yang ngajak maen, apa yang nangis.... hahaha

Untuk masuk perpus, biasanya murid2x harus ngisi buku hadir.
Ketua kelas gw yang ngisi.
Nama : XI IPA
Kelas : XI IPA
Keperluan : ......

waktu mo ngisi bagian itu, guru fisika gw tiba2x muncul di samping ketua kelas gw.
"EH, mo ngisi ya?"
ketua kelas gw : "HAhh... iya iya pak..." *kapan nih orang datengnya?????*
bapak guru fisika : "isi praktikum aja"
ketua kelas : "oh iya iya pak"
bapak guru fisika : "eh jangan deh..."
ketua kelas : "jadi isi apa pak?"
bapak guru fisika : "hmmm... praktikum apa ya bahasa inggrisnya... mmm... RESEARCH... isi research aja biar keren... wakakakakakaakkk"
ketua kelas : "ehh... iya deh pak iya.." *ketakutan*




Masih dalam usaha mengerjakan soal fisika yang susah dan banyak itu.. Di sebuah Kamis siang yang panas, gw tiba2x sakit kepala + ngantuk. Tapi karena ada pelajaran dia yang horror banget itu, gw berusaha bertahan.

tiba2x dia dateng ke depan meja gw.
"pusing ya?"
gw : "eh... iya pak.."
dia : "makanya, belajar dong.." *pergi*

eee~~~ ??? naniiii???

saya pusing karena sakit bapaakkk bukan karena ga bisa ngerjain soalnya...
ehh...
karena dua2x nya deh..
gyahahaha~


Begitu naik kelas XII, gw gak diajar lagi sama si bapak itu. Sekarang gw diajar oleh bapak guru fisika yang lain. Bapak ini jarang masuk kelas (karena dia juga wakasek dan kerjaannya banyak). Biarpun kalo dia ga masuk dia akan ninggalin tugas, tapi anak2x biasanya ga ada yang ngerjain. Masih banyak yang harus dikerjain. Seperti PR kimia (yang banyak banget), PR matematika (krn gurunya tu wali kelas), atau NGOBROL.

Dia tetep jarang masuk sampai deket2x UAN. 3 hari sebelum UAN, setelah ketua kelas gw menyatakan dia ngga' masuk kelas jam itu, gw dan temen gw, si Basil, mempergunakan kesempatan ini untuk fotokopi soal UAN Bahasa Indonesia tahun lalu.



lalala... senangnya jalan jalan...


Tempat fotokopi letaknya tepat di atas kantor dia (si guru fisika).

gw : "eh sil. pak *** bneran ga masuk kan?"
basil : "iya. udah santai aja"
gw : "kok perasaan gw gak enak...."
basil : "beneran kok dia ga masuk.. udah ga usah takut2x ahh"
gw : "gw ngintip dulu deh"
sampe di depan kantor dia,
LHO DIA GAK ADA!!!
gw : "eh dia gak ada lho di kantornya.."
basil : "palingan juga lagi jalan jalan dianya.. udah lah santai ajaaaa"

sampe di kelas.......
*jreng jreng jreng jreeeengggg*

"BASIIILLLLLL DIA ADAAAAA!!!!"

ADUH GIMANA NIIHHHHH!!!!

basil : "hah.... yah gmn dong?!?!?!??!?!"
gw : "aduh gw takut neh.."
setelah beberapa detik,
gw : "hmmm..... yaudahlah cuek aja"
lalu gw ngetok pintu kelas.
gw : "ehm.. 'misi pakk.. maaf pak.. abis fotokopi..."
guru fisika : "oh.. iya iya..." *pake senyum senyum pula*
gw ama basil kabur ke tempat duduk.

yuutan, cermet gw, blg ke gw, "eh tauco, kan tadi gw udah sms lo klo dia ada.. kok ga balik2x sih?"
gw : "hoeh?"
yuu : "iya, masa' gak terima"
gw : "ee.... gw ga bawa hp yuu.. ahahahahahahahahaha"
yuu :

Lain di SMA lain juga di tempat les A-level gw dulu.. Disana ada seorang instruktur fisika yang kalo ngajar tu lamaaaaaa banget. Ngga' tau alasan pastinya, tapi bisa juga karena....
kalo kita bosen blajar fisika kita ajak aja dia ngobrol. ntar bakalan ngobrol lamaaaaaaaaa banget.
Obrolannya bisa macem2x. Mulai dari yang ringan, seperti :

  • kita : ko, test NTU susah ga sih?
    dia : susah lah..
    kita : oh.. kalo sama TO (try out)?
    dia : harusnya sih TO lebih susah..
    kita : bener yah ko soal tesnya lebih gampang.. ya, ko, ya, ko, ya?? *mulai rusuh*
    dia : eee.... saya juga ngga tau sih.. hahaha ^_^
  • kita : ko, tahun lalu banjirnya sebrapa?
    dia : nggak tau pasti juga sih.. tapi katanya sih selutut disini..
    kita : trus tahun lalu pada ngungsi yah ko katanya?
    dia : iya, ke hotel deket canisius..
    kita : HOTEL??
    dia : iya..
    kita : ...................................

Sampe yang berat... seperti :

  • kita : ko, lo ketemu ci *** (ceweknya si koko) cuma bentar gitu ya?
    dia : hahahahahaha
    kita : kmaren ga nganter ke erpot dong?
    dia : yah.. kan ada kelas..
    kita : ga kangen tu?
    dia : hahahahahahahahaha
    kita : kapan nikahnya?
    dia : ....................................................................
setelah ngobrol2x lumayan lama gitu, dia akan mengalihkan topik dengan cara...
"iya kita lanjut yah"
kita : "hhhhhhhhh......."
dia : "ngobrolnya lama banget nyampe setengah jam gini. ntar selesainya juga lebih lama deh.. kalian telat pulangnya.."
kita : "yaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh.... jangaaaaaaaannnnnnnn!!!!!"
dia : "gak selesai kalo cepet2x"
kita : "yah dicepetin ajaaaaaaaaaaaa.... jangan telat pulaaaangggg!!!!"
dia : "ga bisa.. ini perintah big boss"
kita : "yaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhh!!! tidaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk!!!" *kayak di film film*


Selesai SMA dan test masuk NTU, gw pikir penderitaan fisika berakhir sudah..
Ternyata..
CHEM 1st year harus ambil pelajaran fisika juga!
udah gitu pelajarannya fisika SMA.. nyesel dulu ga coba exemptionnya.. hiks..
dan fisika ini statusnya pass/failed.. jadi ntar di degree audit cuma ditulis pass atau failed gitu.. jadi mau nilainya A+ atau C juga sama2x pass..
jadinya anak2x Indo hampir ga ada yang merhatiin deh.
Biasanya pada ngobrol rame2x.. kecuali anak baik dan suka menolong seperti saya. hahahaha. Abis lecturernya (orang Vietnam kayaknya dari namanya) tuh baek banget.. Kan gw jadi gak enak hati. Walaupun dia ga bisa dibilang ganteng. Kalo versi Egi sih ada satu tutor dia yang ganteng. Hahahaha.
Gara2x itu deretan tempat Alchemist Family duduk setiap lecture jadi berisik banget..
Trus lecturernya kayaknya sebel ama kita.
Jadi setiap kali dia ada pertanyaan.... Dia akan berjalan ke arah kita.
Masih bagus kita bisa jawab. Kalo ngga? Mati dipanggang ama dia trus dagingnya dikirim ke Vietnam buat bikin lumpia Vietnam (emang itu pake daging ya?)

Ada suatu hal yang mnurut gw konyol terjadi di kala exam.

Jadi setiap exam, kita dikasih satu buku bernama databook. Ada Chemistry Databook buat ujian2x chemistry. Physics Databook yah buat ujian2x physics (ga mgkn buat ujian English Literature kan... emang mo ngarang tentang fisika..) Disitu ada smua data2x konstanta dan macem2xnya.
Lalu ada satu soal dimana gw harus pake g (acceleration due to gravity)
Untuk memastikan brapa nilai g yang dia pake, gw nyari2x nilai g di databook.. soalnya kadang 10, 9.8, 9.81... dan satu mid term gw (MCQ alias pilihan ganda) pernah salah gara2x gw salah pake konstanta :'( soal nya licik benaaarrrr...

Setelah beberapa menit bolak balik databook... Gw ga nemu konstanta yang gw cari.. Gw jadi bingung harus nulis pake yang mana.. Karena udah males nyari dan harus ngerjain soal2x lainnya jadi akhirnya gw putuskan pake 9.8 aja.. Toh examnya essay jadi kalo salah yah paling cuma dikurang2x dikit..

Setelah selesai exam, gw nanya ama temen2x gw..
gw : "eh, tadi di databooknya ada g ga sih? ga ada kan?"
dia : "ada kok.."
gw : "dmn?"
dia : "tadi kan ada bagian 'constants in singapore' trus tadi ada 'gravity acceleration in singapore' tuh..."
gw : GUBRAK
dia : "wakakakakakkakakakakakakkk... yaudahlah dia jg ga bilang kok itu kjadian2xnya di singapore.. huakakakakakakakakakakakkkk"

benar2x gejeeeeeeeeeee!!!!

knapa yah fisika dari dulu nyampe sekarang ga ada yg bener.. sekarang gw ga heran, knapa di SPMS (sekolah gw, school of physical and mathematical sciences) jurusan yang paling dikit muridnya tuh PHY alias Physics and Applied Physics.. Fufufufufufufuf ^^

1 comment:

Unknown said...

Aduh, Kimia mana bisa lari dari Fisika...? Kimia itu aslinya cabang dari Fisika, makanya di SPMS ndak ada "C" alias Chemical...

Entar ada 214 dan 314... ya, selamat berjuang...