Monday, April 20, 2009

Gender

Waktu zaman SMA dulu, guru kimia saya pernah cerita tentang pelatihan guru IPA SMA yg baru dia ikuti.. Dan dia bilang gini,


Kalo pelatihan tuh saya biasanya suka nengok2x ke tempat pelatihan fisika. Soalnya disana banyak guru2x cowok. Lumayan kan kalo bisa liat yang ganteng? Kalo di kimia banyak cewek.. Biologi juga.. Kalo matematika sih seimbang..


Kenapa yah di fisika banyak cowok, di kimia banyak cewe, dan di matematika seimbang?

Disini juga.
Di angkatan saya di NTU, cewek di jurusan fisika dari Indo hanya 1 dari 8 orang.
Matematika + Matematika dan Ekonomi 3 dari sekitar 7 orang.
Kimia 6 dari 13 orang.

Dan overall yg masuk science, ada 10 cewek dari 28 orang.

Kenapa ya?
Apa krn struktur otak yg katanya cewek itu lebih ke social dan art sdgkan cowok ke science dan engineering? (sehingga kelas IPA di SMA saya yg homogen itu cuma 2 pdhl IPS nya 4, dan dari kelas IPA itu yg akhirnya kuliahnya pindah jalur ke IPS ada b a n y a k)
Lho kalo biologi gmn? Mungkin banyak cewek karena lebih ke humanities and living wold kali ya?

Katanya cewek yg suka fisika itu aneh. kayak saya. Itu juga katanya coursemates saya,

mereka: gw masuk kimia krn mau lari dari fisika.
mereka : makanya fisika buat kita dibikin pass failed.
gw : lho, bknnya fisika msh lebih mending daripada biologi ya?
mereka : *menatap saya dengan pandangan aneh*


Luar biasa mantap kalo kata boss saya di SU (Student's Union) sih.
Padahal temen2x sejurusan saya yg cowok, suka biologi, senengnya biochemistry, dan ga suka fisika juga banyak. Tapi ga dibilang aneh.

Saya bingung.

(data2x di atas dihitung hanya dari anak Indo yang langsung dari Indo dan yg dpt beasiswa Singapore waktu Secondary dan juga tidak dihitung anak SBS - School of Biological Sciences)

6 comments:

bowo said...

iya nih, menyebalkan sekali di fisika perempuannya dikit. pindah jurusan udah telat banget pula -_-

ayo ai-chan, kenalin ama temen2 mu dong.. (H_H)
(^o^)V

bowo said...

btw, lupa comment:
wew, guru kimia kamu rada genit juga ya hahaha

Haibara Kaoru Marcella said...

hehehehe
klo bowo-senpai balik indo nanti siapa tahu bisa dikenalin sama guru kimianya ai, siapa tahu kamu juga dibilang orang fisika yg ganteng xD

iya nih, bingung, knp cewe yg suka fisika dibilang aneh -__- cowo yg suka biologi ga aneh T__T pdhl klo di bhs jerman, fisika itu = die Physik loh, gendernya feminin.. xD
waktu di fisika UI cewenya banyak?

bowo said...

hahaha..

soalnya masih jauh lebih jarang cewe yg suka fisika dibanding cowo yg suka biologi, jadinya kasus pertama dibilang aneh. :)

masalah gender di kata itu mah ga berhubungan. cuma kesepakatan aja. di bhs arab: matahari itu gendernya cewe, bulan itu cowo. haha. anekdotnya sih, karena bulan berani keluar malem2 jadinya dia pasti cowo, sedangkan matahari cuma berani keluar siang2 jadinya pasti dia cewe. ^_^

dulu sih angkatanku yg paling banyak cewenya, 11 dari 60an mahasiswa.

Poetri Pephet said...

Eh si marcel mesum! (hehehe gw ketularan indah) lo punya blog jg toh?
Hoho iya nih gw terobsesi banget bwt masuk negri,esp. UI. Tapi kali ini gw berpindah ke yg lain deh kayaknya. Kite tunggu saja kabarnya. Ok?! Bole2. Link gw y? Ntar gw link lo jg.

Anonymous said...

di sanur dulu justru 4 kelas ipa, 1 kelas ips, 1 kelas bahasa...tp yg dari kelas ipa ke dokter semua ato futek/tekkim...ditambah yg murtad2 ke jurusan ips...yg teknik listrik mungkin hanya kita bertiga...hahaha

sudahlah kuncup jangan dibikin bingung. exam aja dulu :P