Friday, May 29, 2009

Si Bapak itu..

Dengan sisa baterai yg tersisa, saya pengen ngeluarin uneg2x saya yg udah ketahan beberapa hari ini. Mau ngepost sih, tapi males online, hehehe ;p

Kemarin Senin saya ke Dufan sama 6 orang coursemates. Disana saya naik Alap Alap. Halilintar mini yang bentuknya ulat itu. Mungkin ngga ada yg menarik selain bahwa itu adalah roller-coaster mini yg dinaiki sama orang2x yg ga sanggup naik halilintar karena satu dan berbagai macam hal (dari ga siap mental sampe physically challenged).

Saya awalnya juga mikir gitu sampe seorang teman bilang ke saya,

"itu bapaknya yang komentar psycho kali ya?"

Mau ngga mau, karena otak saya seringnya baru aktif kalo ada orang ngomong, saya jadi ikut merhatiin itu bapak ngapain aja.

Pertama2x saya cuma denger sih (karena posisi antrian saya, atau saya nya aja pendek, kurang baik untuk melihat siapa yg ngomong karena saya cuma liat ada seorang mas-mas lagi telpon)

ada bapak-bapak (at least suara pria dewasa) yang ngomentarin permainan kayak di wahana2x lainnya maupun di berbagai pertandingan olahraga. Komentarnya kadang agak aneh, dari mulai "wah udah lewat lagi", "yah dia teriak-teriak" sampe "emang saya ga tau apa?". Hmm, mentally challenged?

Akhirnya setelah maju beberapa meter dan beberapa putaran antrian, saya lihat juga siapa dia. Pria dgn umur sekitar 50 atau 60 tahun (dalam hal ini saya sebut bapak bapak aja, bukan oom oom atau kakek kakek seperti klo saya komentarin artis Jepang tua atau pacarnya artis Jepang favorit saya dimana si cowok udah bisa dibilang "berumur"), rambutnya sebahu, ubanan dan ngga beraturan, mukanya keriput, kurus dan lagi pegang mike. Sekilas sih saya lihat dia senyum. Bener2x kayak orang mentally challenged kalo orang cuma liat sih.

Setelah posisi saya bisa mengamati dia lebih jelas, saya liat dia senyum, setengah ketawa, ketika dia keluarin komentar2x nya. Tapi setelah dia selesai berbicara, dia segera mengembalikan posisi bibir ke posisi netral lalu menggenggam sebuah botol Aqua, membukanya lalu meneguk isinya dalam dalam.

Saya jadi berpikir, kok dia mau ya? Ngomong hal yang sama berulang ulang, berkali kali, dan dia masih bisa senyum gitu. Padahal itu kan capek, tenggorokan kering, buat usia segitu juga nguras stamina banget dan gajinya juga ngga gede2x amat. Belum tentu juga waktu ngomong gitu dia bener2x meant what he said. Di balik senyumnya (yang entah jujur atau artifisial) saya jadi berpikir,

Mungkin dia bisa tersenyum melihat orang-orang (mostly ibu2x) yang lagi ketawa ketawa di punggung si ulat sama anak-anaknya, meanwhile mungkin keluarganya si bapak itu ke Dufan itu adalah satu hal yang prestisius (102 ribu sekali masuk! lumayan bikin gw teriak2x, tapi ga apa lah, bisa gerakin wahana sebanyak dan se-menegangkan itu tanpa kecelakaan.) padahal bapak/kakeknya kerja di Dufan.
Dia tertawa liat keluarga bahagia, si ibu nemenin anaknya main, sehat walafiat, bahkan ada yg obesitas krn kebanyakan makan, padahal keluarganya lagi bermasalah mulai dari makan aja susah sampe anaknya sakit dan belum ke dokter karena ngga punya uang.
Dia tertawa liat anak anak SMA dengan seragam sekolah (waktu itu lagi ada kunjungan dari SMA mana gt), padahal mungkin dia lagi mikir, "cucu saya bisa SMA ga ya.."Mungkin dia liat kita, empat orang anak autis yang lagi kuliah (diperas) di suatu tempat bernama NTU dan mikir, "nanti cucu saya masih bisa kuliah ga ya..."
Bisa juga dia liat mas-mas yang kerja bareng dia, lagi ketawa-ketawa di telepon, dan mikir "nanti anak cucu saya kerjanya gimana ya?", "apakah hari ini anak saya bisa kerja", "apa hari ini anak saya bisa beli bahan makanan dan bayar dokter" dll..

Dan si kakek lagi kerja keras, komentar keras2x di mikrofon kayak orang mentally challenged di Dufan, ngomong hal yang sama dan diulang berkali kali.

Misalkan si ulat sekali jalan butuh waktu 5 menit, dan Dufan buka dari jam 11 pagi sampe 5 sore, berarti sehari kira2x ada 12 x 6 = 72 putaran.

Dia ngomong kayak gitu diulang 72 kali sehari, 504 kali seminggu, dan kira2x 2016 kali sebulan? Wow. Saya liat guru kimia saya jelasin dengan kata2x dan skema yg hampir sama di 2 kelas berturut-turut dalam sehari aja amazed, lha ini 72 kali sehari? *faints*

Cuma demi bisa makan, bayar keluarganya yg sakit ke dokter, dan biayain cucu cucunya sekolah biar nantinya bisa kerja. Biar mereka bisa terus makan dan bayar dokter kalo sakit. sigh.

No comments: